-->
MqZ6MWB9MGBcNqBdMGBaNaJ6M8IeyCoFADMlNWZ=
6074645612605633477
5 Kriteria Untuk Situs Web yang Berkualitas User-Friendly

5 Kriteria Untuk Situs Web yang Berkualitas User-Friendly

5 Website yang Baik dan Berkualitas

Ada banyak hal yang harus diperhatikan agar dapat membuat website yang user friendly, karena semakin ramah website Anda, semakin besar pula peluang untuk menarik lebih banyak pengunjung ke halaman tersebut. Desain hebat dan konten yang terlihat sangat profesional tidak hanya membuat situs web Anda mudah ditemukan oleh banyak pengunjung.
Lantas, apa saja kriteria website yang user friendly?

Berikut 5 Website yang Baik dan Berkualitas :

1. Nama Domain yang Mudah diingat

Hal pertama yang harus Anda pastikan adalah memilih nama domain yang mudah diingat. Nama domain ini bisa disesuaikan dengan jenis website yang ingin Anda buat.

Ingat, tujuan utama pembuatan website yang user friendly adalah agar pengunjung dapat dengan mudah menemukan informasi yang mereka butuhkan dengan segera. Jadi jaga agar nama domain mudah diingat sehingga pengunjung dapat kembali ke situs Anda kapan saja mereka mau.

Pastikan nama domain pendek, mudah diingat, menarik, dan spesifik khusus. Nama domain yang pendek tentunya akan membuat website Anda mudah diingat. Selanjutnya pastikan nama domain tersebut juga mencantumkan nama brand yang kamu buat.

Akan sangat tepat jika nama domain tersebut dapat mudah diingat sehingga akan diingat oleh pengunjung walaupun baru pertama kali mengunjungi halaman Anda.

2. Tampilan yang Konsisten dan Dapat Dipindai

Untuk memudahkan dan kenyamanan pengunjung mau pun mengunjungi website Anda, pastikan tampilannya konsisten dan bisa di scan. Pengunjung situs web tidak ingin membuang waktu mencari informasi yang terkubur. Jadi, pastikan informasi apa pun yang Anda berikan di situs web dapat ditemukan dengan mudah.

Anda dapat menggunakan halaman dengan banyak teks untuk memecah dan membuatnya lebih spesifik, seperti judul dan daftar. Dalam daftar, tampilkan informasi terpenting di bagian atas, diikuti dengan detail sekunder. Anda juga dapat menambahkan fitur "Search" ke situs web sehingga struktur informasinya lebih jelas.

3. Desain Responsif Dan Kompatibel

Salah satu alasan mengapa Anda ingin membuat website yang user friendly pasti karena banyak pengguna yang ingin mengunjunginya untuk mencari informasi. Karena saat ini banyak orang yang sering menggunakan smartphone untuk mengakses internet, website pun harus dapat diakses melalui smartphone dengan menggunakan berbagai browser.

Pastikan desain website tidak ada bedanya saat diakses melalui PC dan smartphone.

4. Kecepatan Loading

Pengunjung situs web pasti tidak ingin waktu mereka dihabiskan dengan menunggu halaman yang membutuhkan waktu lama untuk memuat satu halaman.

Dengan banyaknya website yang bertebaran di internet dan berbagai macam informasi yang disediakan, tentunya pengunjung akan lebih memilih website lain dengan waktu loading yang lebih cepat sehingga bisa langsung mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Jadi, untuk menghindari hal semacam ini, buatlah website Anda memiliki kecepatan loading yang cukup tinggi.

5. Sederhanakan Bahasa

Pengunjung situs web pasti memiliki latar belakang yang berbeda. Baik dari kalangan yang sudah profesional dan memahami bidang tertentu atau orang biasa yang mencari informasi.

Jadi, untuk membuat situs web ramah pengguna, gunakan bahasa yang sederhana dan ringkas. Anda juga dapat memberikan judul, subtitle, poin peluru, dan format lainnya. Boleh saja menggunakan bahasa profesional untuk menunjukkan bahwa situs web dapat dipercaya, tetapi penting juga untuk memperhatikan tingkat pengetahuan setiap pengunjung web.

Setelah mengetahui beberapa kriteria diatas untuk situs web yang ramah untuk pengguna, Anda sekarang dapat melanjutkan untuk membuat situs web Anda sendiri. Jangan lupa juga untuk memastikan bahwa website yang dibuat memiliki kemampuan untuk diakses oleh banyak orang dalam satu waktu. Semoga berhasil!

Post a Comment

Tinggalkan komentar sesuai topik artikel. Komentar di luar topik tidak disarankan (terutama disertai link aktif).
Masukkan URL Gambar atau Potongan Kode, atau Quote, lalu klik tombol yang kamu inginkan untuk di-parse. Salin hasil parse lalu paste ke kolom komentar.


image quote pre code code

© ‧ Tomy Tech ~ All rights reserved.